Jumat, 08 Oktober 2010

LEARNING HOW TO LEARN

LEARNING HOW TO LEARN
Oleh : DR. Sulipan, M.Pd.

Pengertian Learning How To Learn (belajar bagaimana cara untuk belajar) :
Cara belajar yang mengarahkan dan mendorong peserta didik untuk mengembangkan dan memperluas materi secara mandiri melalui diskusi, observasi, studi literatur dan studi dokumentasi (metode inquiry). Cara belajar yang dapat menumbuhkan dan memupuk motivasi internal peserta didik untuk belajar lebih jauh dan lebih dalam.

Peserta didik berlatih dalam :
1. Membaca dalam hati
• Siswa sebelumnya diminta membaca biasa secara bergiliran, baru kemudian diminta membaca dalam hati.
2. Membaca secara cepat
• Di sini dilakukan dengan membaca dalam hati tanpa adanya pembatasan waktu, kemudian dilanjutkan dengan membaca dalam hati tetapi dengan pembatasan waktu.
3. Mengidentifikasi hal-hal yang penting dalam suatu materi
• Hal ini dapat dilakukan setelah membaca dalam hati tanpa pembatasan waktu, dengan perintah untuk mengingat hal-hal penting.
• Langkah kedua adalah membaca dalam hati dengan pembatasan waktu, ditambah perintah untuk mengingat hal-hal penting.
• Untuk mengetahui penguasaan siswa, guru dapat melakukan tanya jawab secara langsung sebagai latihan.
• Selanjutnya guru dapat memberikan tes tertulis mengenai suatu materi yang dibaca
4. Menghafal secara efisien
• Dilakukan dengan menuliskan hal-hal penting untuk kemudian dihafal.
• Dilakukan dengan menghubungkan suatu materi dengan hal-hal yang sudah biasa didengar atau sesuatu yang lucu atau sedang terkenal.
5. Menghitung dalam hati
• Siswa diberi soal sederhana secara lisan, diberi waktu berpikir dan kemudian jawaban dituliskan (hanya jawaban terakhir).
• Pertama kali dilakukan dengan waktu yang longgar, kemudian secara bertahap waktu dipersingkat.
6. Mengidentifikasi macam-macam manfaat/kegunaan suatu benda
• Siswa diminta menjelaskan sebanyak mungkin manfaat/kegunaan sebuah benda, hingga manfaat/kegunaan yang tidak biasa.
7. Membuat ringkasan materi
• Siswa diberi tugas membaca dan meringkas materi menjadi beberapa kalimat, yang makin lama makin sedikit kalimatnya.
8. Membuat kesimpulan
• Siswa diberi bahan bacaan berupa sebuah cerita, peristiwa, atau permasalahan kemudian diminta membuat kesimpulan atas apa yang dibacanya.,
9. Menyusun laporan pengamatan
• Siswa diminta mengamati suatu peristiwa atau proses kemudian diminta membuat laporan atas apa yang diamatinya.
10. Menyusun karangan tentang pengalaman yang dimiliki
• Siswa diminta menyusun karangan tentang pengalaman pada masa liburan atau pada waktu tertentu yang menarik minatnya.
11. Meniru suatu pekerjaan atau barang
• Mengamati seseorang yang bekerja dan kemudian menirunya
• Membuat barang dengan meniru yang telah ada
12. Belajar melalui modul, buku manual atau petunjuk pengoperasian
• Mempelajari modul/buku manual dan bekerja sesuai petunjuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar